Formasi United ala Mou Tak Cocok dengan Pogba?

050466900_1473611383-2016-08-19t205802z_114641882_mt1aci14573987_rtrmadp_3_soccer-england-mun-sou

Pogba Tak Cocok dengan Strategi Mou

Jose Mourinho bersama Manchester United telah menjalani empat pertandingan di kompetisi Liga Premier Inggris dengan Paul Pogba bermain sebanyak 3 kali dari total keseluruhannya.

Yang paling baru merupakan laga Derby Manchester menghadapi sang rival sekota, Manchester City dimana tim setan merah terpaksa  menelan kekalahan 2-1 di hadapan pengunjung Theater of Dream, Stadion Old Trafford.

Kontribusi Pogba terhadap tim yang berbanding terbalik dengan ekspektasi publik dimana  pemain asal Perancis tersebut  digadang-gadang akan bersinar bersama Manchester United sebagai pemain dengan nilai transfer termahal musim ini.

Hal ini pun menjadi perhatian banyak pihak seperti para kritikus sepakbola. Melihat statistik Paul Pogba bersama The Red Devils, para kritikus pun banyak menghujani Pogba dengan komentar negatif.

Dengan munculnya berbagai tanggapan tentang buruknya penampilan Paul Pogba bersama Manchester United, kini muncul anggapan bahwa strategi racikan sang arsitek tim, Jose Mourinho  seakan tidak cocok dengan gaya bermain mantan pemain Juventus tersebut.

Sejauh ini Manchester United selalu tampil dengan skema 4-2-3-1 , dan Mou bahkan menerapkan strategi yang sama saat melakoni laga kontra Manchester City, Sabtu (10/9/2016) lalu. Dalam laga tersebut, Pogba didampuk sebagai gelandang bertahan bersama dengan Marouane Fellaini.

Seperti yang kita lihat, Pogba terlihat sedikit canggung ketika harus bermain di posisi tersebut. Gelandang timnas Prancis tersebut acap kali meninggalkan pos nya sehingga Fellaini terlihat seperti bekerja seorang diri.

Skuad City yang dihuni dengan gelandang lincah nan bertenaga seperti David Silva, Kevin De Bruyne, juga Nolito, mampu bergerak dengan bebas dan dengan mudahnya membuat lini belakang United berantakan. Berdasarkan hal itulah Pogba kini menuai banyak kritik usai laga derbi tersebut.

United Harus Ganti Formasi Untuk Pogba – Jenas

Menanggapi tentang kritik yang menghujani Pogba tersebut, mantan gelandang Tottenham Hotspur yang sekarang merupakan seorang pengamat sepak bola, Jermaine Jenas ikut memberikan pendapatnya.

Menurut Jenas, Jose Mourinho sebaiknya menerapkan formasi 4-3-3 bagi Manchester United demi bisa memaksimalkan kemampuan Paul Pogba di lini tengah setan merah.

“ Pogba tidak perlu bermain di posisi itu, karena dirinya bukanlah seorang playmaker. United memiliki Wayne Rooney, Henrikh Mkhitaryan, serta Juan Matta yang menurut saya lebih pantas untuk memainkan posisi itu.” ungkap Jenas.

“Dia (Pogba) sebaiiknya bermain di posisi dimana dirinya berada satu pos di depan seorang gelandang bertahan dalam skema 4-3-3, saya rasa Pogba bisa dipasangkan bersama Schneiderlin, Ander Herrera, dan Michael Carrick dalam posisi tersebut” tambah Jenas.

Statistik mencatat Pogba hanya mampu melepaskan satu tembakan, 10 umpan dengan tingkat akurasi mencapai 78 persen sepanjang laga derby Manchester kemarin.

“Apabila Mourinho terus menerapkan skema 4-2-3-1, maka United melakukan pembelian sia-sia untuk Pogba, karena saya lihat telah ada pemain lain yang mengisi posisi Pogba.”

“Manchester United tidak mendatangkan Pogba hanya untuk dudukdan menonton pertandingan dari bangku cadangan bukan?” tegas Jenas.