Kekalahan Perdana Mengejutkan Barcelona

006876600_1473583381-11092016_luis_suarez

Kesalahan Lini Pertahanan Barcelona

Kekalahan memalukan Barcelona atas klub promosi, Alaves dengan skor 1-2,  di markas Barca, Estadio Camp Nou, dalam lanjutan kompetisi La Liga Spanyol pada Minggu lalu memang sungguh di luar dugaan. Pelatih Barca, Luis Enrique mengungkapkan bahwa kekalahan tersebut bisa terjadi akibat kesalahan dalam pola bertahan Barcelona.

Bermain di hadapan para pendukungnya, Barcelona kjustru tertinggal lebih dulu pada menit ke-39 lewat aksi Deyverson yang sukses menaklukkan kiper anyar Barca, Jasper Cillessen. Tuan rumah baru mampu membalas ketertinggalannya melalui gol Jeremy Mathieu semenit usai jeda.

Gempuran serangan yang dilancarkan lini depan Barcelona masih belum mampu menemui sasaran. Malang bagi tuan rumah, Alaves justru kembali mencuri gol melalui aksi Ibai Gomez pada menit ke-64. Hasil 2-1 bertahan hingga pertandingan usai bagi keunggulan Alaves.

Menanggapi kekalahan tersebut, beberapa penggawa Barcelona akhirnya angkat bicara. Sebagian besar komentar seakan terkesan para pemain menuntut perbaikan dalam beberapa sistem bermain tim.

Komentar Para Pemain Usai Kekalahan di Kandang

Denis Suarez yang  bermain selama 60 menit sebelum akhirnya ditarik keluar lapangan untuk digantikan dengan Lionel Messi, menganggap bahwa jeda internasional merupakan faktor terbesar dalam tidak maksimalnya performa para pemain Barca.

“Jeda internasional mungkin bisa saja berpengaruh, namun kami tak ingin menjadikan kondisi tersebut sebagai alibi. Tim harus segera mencari sumber kesalahan, melakukan evaluasi aka hal itu kemudian mengembalikan segalanya ke kondisi seperti semula. Pertandingan kontra Celtic di ajang Liga Champions akan menjadi pembuktian apakah kami mampu bangkit,”

Sergio Busquets yang tampil penuh sejak awal pertandingan menyatakan bahwa kubu Alaves bermain sangat rapat. Busquet yang didampuk sebagai kapten dalam pertandingan tersebut juga mengakui bahwa banyak sekali peluang yang gagal dimaksimalkan oleh para pemain barcelona.

“Kami cukup banyak gagal memanfaatkan peluang yang terjadi. Laga kontra Alaves berjalan sangat ketat, saya merasa seharusnya kami lebih pantas menang. Saya tidak menjadikan jeda internasional sebagai alasan. Saya yakin manajer telah mempertimbangkan banyak hal. Sekarang, kami hanya ingin fokus pada pertandingan berikutnya,”

Jeda Internasional juga menjadi alasan bagi Andrés Iniesta yang masuk ke lapangan menggantikan Arda Turan. Gelandang asal Spanyol tersebut juga menyebutkan bahwa Alaves sukses menutup ruang gerak Barcelona.

“Kami harus menganalisis beberapa titik dalam skuad usai pertandingan mengingat banyaknya pemain yang melakoni jeda internasional. Alaves berhasil melakukan tugasnya dengan baik dalam menutup ruang gerak kami di area penalti. Mereka bermain sangat rapi.”

Jasper Cillessen yang harus mengawali karirnya bersama Barcelona dengan kemasukan dua gol di depan Barcelonistas berpendapat bahwa tidak ada alasan dalam kekalahan kontra Alaves. Menurut  kiper asal Belanda tersebut, Alaves memang bermain cukup bagus.

“Menurut saya, tim mengawali pertandingan dengan tidak cukup baik. Namun saya harus akui Alaves memang bermain sangat bagus. Yang membuat saya optimis yaitu, gaya bermain Barcelona kurang lebih sama dengan gaya Ajax dan juga timnas Belanda,”