Perang Dingin Jelang Derby Manchester

zlatan-ibrahimovic-manchester-united-club-record-703495

Derby Panas Penuh Rivalitas

Pertandingan sakral antara Manchester United (MU) melawan Manchester City dalam Derby Manchester, pada lanjutan kompetisi Liga  Premier Inggris, akan dilangsungkan di markas Manchester United, Stadion Old Trafford.

Laga derby yang akan berlangsung pada hari Sabtu (10/9/2016) ini sekaligus akan menjadi ajang nostalgia antara manajer Manchester City, Pep Guardiola dengan penyerang anyar Manchester United, Zlatan Ibrahimovic.

Pep dan Ibra memang sempat tergabung dalam satu tim yaitu Barcelona, sebagai pemain dan pelatih dalam periode 2009 hingga 2011. Akan tetapi, hubungan yang kurang harmonis antara mereka berdua akhirnya memaksa Ibrahimovic memutuskan untuk hengkang dari Camp Nou.

Pada Sabtu malam besok, laga derby Manchester akan mempertemukan kembali Zlatan Ibrahimovic dan Pep Guardiola. Masa lalu yang terbilang suram saat berada di Barcelona diperkirakan akan menjadi bumbu menarik, di laga Derby Manchester di luar dari rivalitas abadi antara Man United dan Man City, juga Mourinho dan Guardiola.

Perang Kata Antara Ibra Melawan Pep

Barcelona berhasil mendatangkan Zlatan Ibrahimovic dari Inter Milan dengan persetjuan kontrak selama lima tahun pada 2010. Klub asal Catalan tersebut rela merogoh kocek sebesar 57 juta poundsterling atau sekitar Rp 839 juta, ditambah dengan Samuel Eto’o dalam transfer Ibra menuju Camp Nou.

Dalam musim perdananya bersama Barcelona, Ibrahimovic sukses memperoleh raihan total 11 gol dalam 14 pertandingan pertama. Sayangnya, performa sang penyerang asal Swedia tersebut semakin menurun. Menurut kabar yang beredar, hal ini juga disebabkan oleh retaknya hubungan antara Ibrahimovic dengan sang pelatih, Pep Guardiola.

“Dia (Guardiola) selalu memulai segala hal dengan membicarakan tentang filosofinya. Tetapi sejujurnya saya pribadi hampir tidak pernah mendengarkan hal tersebut. Ya mengapa juga saya harus melakukannya?”

Puncaknya, usai Barca tersingkir dalam semifinal Liga Champions musim 2010 dari Inter Milan, di ruang ganti pemain dikabarkan terjadi konfrontasi antara Zlatan dengan Guardiola.

“Saya kehilangan kontrol saat dia (Guardiola) menatap saya. Pikiran saya berkata, ‘Di depan saya ada seorang musuh dan saya akan menggaruk kepala botak nya.

“Kemudian saya berteriak, ‘Kau bukan apa-apa, j***ng’, lebih buruknya lagi  saya juga menambahkan, ‘Pergi kau ke neraka!’ Saat itu saya benar-benar hilang kontrol, anda mungkin berpikir dia akan memberikan respon atas perkataan saya, akan tetapi dia hanya diam dan terlihat seperti pengecut.”

“Saat di Barcelona, saat latihan para pemain dilarang untuk membawa mobil sport mereka ke tempat latihan. Itu adalah hal yang sangat aneh menurut saya. Ya tentu saja, karena tidak ada orang yang berhak ikut campur soal mobil apa yang boleh dan juga tidak boleh saya gunakan. Lalu, saat sebelum laga melawan Almeria pada bulan April, saya sengaja mengendarai Ferrari Enzo saya. Dan akhirnya hal tersebut membawa masalah besar.”