Pique Menambah Daftar Dosa di Timnas Spanyol

Mundur Usai Piala Dunia 2018

Keputusan mengejutkan datang dari pemain belakang Barcelona, Gerard Pique. Suami dari penyanyi Shakira tersebut mengumumkan tentang masa depannya di tim nasional Spanyol.

Usai bermain dalam laga kontra timnas Albania, Pique sebut bahwa Piala Dunia 2018 akan menjadi turnamen terakhirnya bersama La Furia Roja.

pique-menambah-daftar-dosa-di-timnas-spanyol-1

Bek yang mendukung Catalunya memerdekakan diri dari Spanyol ini juga mengumumkan bahwa dirinya akan mengundurkan diri segera dari timnas Spanyol usai turnamen Piala Dunia 2018, Rusia.

Beberapa pihak memang banyak yang menyesalkan keputusan nya tersebut, akan tetapi tidak sedikit juga komentar bernada miring yang mempertanyakan kadar nasionalisme Pique.

Hal tersebut tentu tak terlalu mengejutkan. Mengingat bukan rahasia lagi bahwa Pique merupakan warga Catalunya garis keras yang mendukung kota tersebut untuk memerdekakan diri dari negara Spanyol.

Gerard Pique baru akan berusia 31 tahun pada tahun 2018. Usia yang terhitung produktif bagi sosok pemain bertahan untuk membela tim nasional. Adalah tekanan dari publik Spanyol yang membuat Pique memutuskan untuk mengambil langkah pensiun dini tersebut.

Daftar Dosa Pique Terhadap Timnas Spanyol

Terkenal blak-blakan dalam menyampaikan pendapatnya, Gerard Pique kerap terlihat melakukan aksi kontroversial. Berikut merupakan ‘Daftar Dosa’ Pique yang kerap membuat masyarakat Spanyol geram.

1. Mengejek Rapper Kevin Roldan
Pique melontarkan komentar bernada nyinyir kepada Roldan serta ucapan terima kasih sebab telah membuat Real Madrid terlena dalam pesta dan membuat fokus El Real dalam mengejar titel terganggu.

Komentar Pique tersebut pun akhirnya menuai reaksi negatif publik Santiago Bernabeu. Dan reaksi tersebut pun berlanjut saat Spanyol menjalani laga kontra Inggris. Para pendukung Spanyol kerap ejek Pique setiap saat Pique menyentuh bola.

pique-menambah-daftar-dosa-di-timnas-spanyol-3

2. Jari Tengah untuk Lagu Kebangsaan Spanyol
Kali ini, Pique tertangkap kamera mengacungkan jari tengah saat lagu kebangsaan berkumandang ketika Spanyol bertanding kontra Kroasia pada Euro 2016.

Pique pun sempat menjelaskan gesturnya tersebut melalui akun sosial media nya.

“Saya cuma menyilangkan jari saat itu. Jangan mencari kontroversi ketika sebenarnya tidak terjadi apa-apa. Lebih baik kita sampaikan dukungan anda kepada tim yang berusaha memenangkan Euro bersama,”  Pique menjelaskan.

3. Menunduk Saat Pemutaran Lagu Kebangsaan Spanyol Tingkah Pique kali ini kembali menjadi gunjingan masyarakat Spanyol serta menambah daftar dosa sang pemain belakang Barcelona tersebut terhadap negara matador.

Ayah dari Milan Pique tersebut kali ini terlihat menunduk saat lagu kebangsaan Spanyol berkumandang.

4. Dukung Catalunya Pisah dari Spanyol
Pada September 2014, Bersama sang anak, Milan, Pique mengenakan kaus dengan warna khas Catalunya. Saat itu terlihat merayakan parade kemerdekaan wilayah Catalunya.  Aksi Pique tersebut akhirnya lagi-lagi membuat geram rakyat Spanyol.

5. Sobek Lengan Jersey Timnas Spanyol
Pique lagi-lagi menuai kecaman dari masyarakat Spanyol. Kali ini adalah lengan jersey timnas yang berwarna bendera Spanyol terlihat disobek.

Atas kecaman masyarakat, Asosiasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) pun turut angkat bicara. RFEF memberikan klarifikasi jika sebenarnya Pique menggunakan seragam lengan panjang yang memang dimodifikasi yang mana tidak terdapat warna bendera Spanyol di ujung lengannya.