Selamat Datang di Serie A, Hart!

joe-hart-torino

Hart Resmi Tinggalkan Manchester City

Desas-desus tentang hengkangnya Joe Hart dari Etihad Stadium tampaknya sudah tak lagi pantas jika disebut sebagai. Siapa yanng sangka, Joe Hart yang selama beberapa musim menjadi kiper utama bagi Manchester City kini memutuskan untuk bergabung dengan klub Serie A, Torino.

Berita tentang kepindahan Joe Hart dari Manchester City ini seakan memang tak lagi mengejutkan bagi sebagian orang. Banyak yang telah menduga bahwa karir Joe Hart bersama  The Citizens akan segera berakhir, sejak berita tentang Pep Guardiola yang berniat memboyong Claudio Bravo dari Barcelona.

Prediksi yang menduga bahwa Hart akan segera hengkang dari Manchester City seakan semakin jelas seiring  dengan keputusan Pep yang lebih memilih memainkan Willy Cabalero sebagai starter dalam laga perdana City di kompetisi Liga Premier Inggris musim 2016/17.

Meski sempat diklarifikasi oleh sang manajer, Pep Guardiola, bahwa Hart akan kembali mendapatkan posisi kiper utama dalam skuad City, kabar tentang tercapainya  kesepakatan Claudio Bravo dengan pihak Manchester City merupakan puncak dari kesabaran kiper tim nasional Inggris tersebut.

Sadar akan posisinya sebagai kiper utama Manchester City mulai terancam sejak kehadiran Bravo, Hart pun memutuskan untuk meninggalkan Etihad Stadium dan memilih Torino untuk bergabung demi posisi sebagai kiper utama.

Hart Pemain Inggris ke-34 Yang Bermain di Serie A

Kenyataan bahwa jarang sekali pemain asal Inggris yang memutuskan untuk bermain di kompetisi Serie A, membuat Joe Hart menjadi pemain Inggris ke-34 yang menginjakan kakinya untuk berkompetisi di Liga Italia sejak perang dunia kedua.

Deretan nama besar pemain asal Inggris yang bergabung dengan tim Serie A seperti Paul Ince, Trevor Francis hinggga Paul Gascoigne merupakan bukti bahwa hanya sedikit pemain asal Inggris yang mampu bersinar di Liga Italia seperti saat mereka bersinar di Liga Premier Inggris.

Keyakinan Hart untuk memilih bergabung dengan Torino untuk bermain di Serie A bukannya tanpa pertimbangan. Joe Hart berkonsultasi dengan rekan setimnya di Manchester City, Micah Richards.

Bek sayap Citizens tersebut mengungkapkan kepada media bahwa Italia merupakan tempat yang sempurna bagi Hart. Richards pun sempat berbagi pengalaman dengan Hart saat dirinya menghabiskan 2 musim bersama Fiorentina.

Richards juga menyebutkan bahwa kultur sepakbola di Italia sangat jauh berbeda dengan di Inggris. Tim akan lebih memprioritaskan pada pemain senior yang memiliki banyak pengalaman ketimbang pemain muda yang menginginkan kesempatan untuk bersinar dalam sepakbola profesional.

Gaya bermain tim-tim Serie A yang lebih mengutamakan taktik ketimbang kekuatan fisik merupakan sebuah tantangan tersendiri bagi pemain yang terbiasa bermain dengan gaya kick and rush Liga Inggris.

Pada intinya, Richards menuturkan bahwa keputusan Joe Hart untuk keluar dari zona nyaman bermain di Liga Premier Inggris dan memilih Italia sebagai tantangan baru merupakan keputusan yang tepat bagi kiper utama timnas Inggris tersebut.