Siapakah Kapten Baru Timnas Jerman?

_90988210_gettyimages-598113104

Low Persiapkan Pengganti Schweinsteiger

Sehubungan dengan pensiunnya Bastian Schweinsteiger dari  timnas Jerman, Der Panzer pun mau tidak mau harus mencari kapten pengganti.

Namun menanggapi hal tersebut, pelatih Joachim Low menyebutkan bahwa dirinya tidak akan mengumumkan siapa nama tersebut kepada Bastian Schweinsteiger hingga laga persahabatan melawan Finlandia – yang akan menjadi penampilan terakhir Schweinsteiger untuk Jerman – berakhir.

Senin kemarin Joachim Low mengatakan kepada wartawan bahwa Bastian Schweinsteiger akan tetap ditunjuk sebagai kapten timnas Jerman sampai berakhirnya pertandingan melawan Finlandia pada hari Rabu.

Mengemban status sebagai pemegang gelar Piala Dunia 2014, Jerman dijadwalkan akan menghadapi Finlandia mereka di Borussia-Park Stadium dalam laga uji coba persahabatan, dimana gelandang Schweinsteiger akan memainkan pertandingan terakhirnya bersama timnas Jerman.

“Bastian akan tetap menjadi kapten pada hari Rabu,” kata Loew. “Jadi, hingga saat pertandingan selesai, saya tidak akan menjawab pertanyaan tersebut.”

Spekulasi pun bermunculan tentang nama-nama yang difavoritkan untuk meneruskan peran Schweinsteiger di timnas Jerman.

Nama-nama seperti Manuel Neuer, diikuti oleh Jerome Boateng dan Sami Khedira kini difavoritkan untuk mengemban tugas sebagai calon kapten timnas Jerman.

Berikan Kesempatan Pemain Muda Untuk Bersinar

Peran Schweinsteiger dalam memimpin timnas Jerman telah berlangsung dalam periode yang cukup panjang, hingga pada akhirnya cedera menghambat kesempatannya untuk membela Jerman usai dirinya suskes membawa Der Panzer menjuarai Piala Dunia 2014.

Turnamen Euro 2016 merupakan turnamen internasional Bastian Schweinsteiger sebelum akhirnya gelandang 32 tahun tersebut mengumumkan bahwa dirinya  akan menggantun sepatu  dari turnamen sepak bola internasional pada akhir Juli.

“Tentu saja secara historis dan emosional saya telah mencapai sesuatu bersama tim nasional, sekumpulan prestasi yang tidak akan bisa saya ulangi untuk kedua kalinya dalam karir saya,” kata Schweinsteiger dalam sebuah wawancara. “Jadi menurut saya, sekarang merupakan momen yang tepat untuk berhenti dan berharap tim bisa mendapatkan skuad terbaik menjelang kualifikasi Piala Dunia 2018.”

Dalam konferensi pers usai turnamen Piala Eropa, Joachim Low mengungkapkan bahwa mundurnya veteran timnas Jerman tersebut jelangkualifikasi Piala Dunia dan juga Piala Konfederasi akan membuka pintu kesempatan bagi lebih banyak pemain muda Jerman untuk bersinar bersama tim nasional.

Dalam bentrokan melawan negara skandinavia, Finlandia, pelatih Joachim Low juga dikabarkan telah memanggil nama-nama bintang muda seperti Julian Brandt, Max Meyer dan Niklas Sule,Julian Weigl dan Joshua Kimmich. Dan Low juga berniat untuk menjadikan nama-nama talenta muda tersebut sebagai pemain kunci menjelang turnamen besar berikutnya yaitu Piala Dunia Rusia 2018.

“Tujuan utama saya dalam dua tahun ke depan adalah membesarkan nama para pemain muda untuk menjadi pemain kunci timnas  pada turnamen berikutnya,” ujar Low.

Jelang laga kualifikasi untuk Piala Dunia 2018, Jerman dijadwalkan untuk perjalanan ke Norwegia pada hari Minggu, 4 September.